Tiga Macam Bahasa Arab dan Keunikannya

Bahasa Arab merupakan bhs terbesar dan paling kondang di dunia. Selain digunakan sebagai bhs utama di negara-negara Timur Tengah layaknya Mesir, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab, bhs Arab juga digunakan sebagai bhs liturgi di dalam  Islam.

Bahasa Arab miliki peristiwa yang panjang dan kaya dan dibagi menjadi tiga kategori utama: Bahasa Arab Standar, Bahasa Arab Standar Modern, dan Bahasa Arab Buta Huruf. Setiap jenis bhs Arab miliki ciri khasnya masing-masing.

Arab Klasik

Bahasa Arab Standar adalah wujud bhs Arab tertua dan paling kuno. Bahasa Arab ini dituturkan terhadap era sebelum lahirnya Islam dan dipelajari oleh  penutur bhs Arab  sebagai bhs sastra dan ilmiah di dunia Islam.

Bahasa Arab Klasik digunakan di dalam sastra Arab layaknya puisi, cerita rakyat, dan sejarah. Banyak karya sastra Arab kondang yang ditulis di dalam bhs Arab standar, juga buku-buku sastra Islam layaknya Al-Qur’an, Hadits, dan  tafsir.

Uniknya, Bahasa Arab Standar miliki kosa kata yang amat kaya dan beragam,  diperkaya oleh perpaduan yang kaya antara bhs Arab dan budaya lainnya. Bentuk tata bhs dan struktur kalimat Bahasa Arab Standar juga amat kompleks, dengan banyak ketetapan yang perlu diikuti.

Bahasa Arab Standar juga  amat resmi dan diakui sebagai kursus bahasa arab resmi, dan sering digunakan di dalam pidato resmi atau di dalam pengaturan resmi.

Bahasa Arab Standar Modern

Bahasa Arab Standar Modern (BAMSA), juga dikenal sebagai Bahasa Arab Standar, adalah bhs Arab resmi yang digunakan di dalam proses pendidikan, komunikasi resmi, media, dan bisnis di negara-negara Arab.

 Kosakata dan struktur gramatikal BAMSA lebih simple daripada bhs Arab Standar, tapi mempertahankan sebagian fitur gramatikal dan leksikal Bahasa Arab Standar.

BAMSA biasanya diajarkan sebagai bhs ke-2 di semua dunia Islam dan diakui sebagai bhs yang perlu untuk dikuasai karena popularitas dan penggunaannya yang luas.

BAMSA unik karena struktur tata bahasanya lebih simple dan lebih ringan dipelajari daripada bhs Arab standar. BAMSA banyak digunakan di media, sastra modern dan komunikasi formal, dan udah menjadi bhs perlu di dalam kehidupan sehari-hari di negara-negara Arab dan dunia Islam.

 Meskipun masih mempertahankan sebagian fitur Bahasa Arab Standar, BAMSA lebih umum digunakan di dalam kondisi sehari-hari dan informal.

Bahasa Arab Amiyah

Bahasa Arab sehari-hari adalah bhs Arab yang digunakan orang di dalam percakapan sehari-hari. Bahasa ini juga dikenal sebagai dialek Arab dan miliki banyak varian di semua dunia Arab.

Bahasa Arab condong lebih ringan dipelajari dan  akrab di dalam percakapan sehari-hari, tapi mampu sulit dipahami oleh penutur bhs Arab lainnya karena perbedaan kosa kata dan pengucapan.

 Bahasa sehari-hari bhs Arab adalah bhs yang amat bervariasi yang terbujuk oleh banyak faktor, juga sejarah, budaya, dan geografi.

Beberapa varian bhs Arab Amiyah yang kondang juga bhs Arab Mesir, Arab Maroko, dan Arab Sudan. Setiap bhs gaul Arab miliki kosakata dan dialek yang unik, dan tiap-tiap miliki karakteristiknya sendiri.