Terkendala Biaya Tetapi Bisa Kuliah, Intip 5 Alternatif Kuliah Murah Ini

Terkendala Biaya Tetapi Tetap Bisa Kuliah, Intip 5 Alternatif Kuliah Murah Ini—Seringkali permohonan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi terhambat oleh pembiayaan.

 Akhirnya, anda pun jadi mengurungkan kemauan untuk masuk ke perguruan tinggi. Padahal, ternyata tersedia alternatif untuk selalu berkuliah walau terhambat biaya. Ada beberapa alternatif kuliah tidak mahal yang mampu anda coba.

Apa saja alternatif kuliah tidak mahal itu? Yuk, temukan jawabannya di bahasan artikel di bawah ini.

Alternatif 1: Kuliah Sambil Bekerja

Salah satu cara yang mampu ditempuh untuk menghimpun ongkos kuliah adalah dengan bekerja. Di era sekarang ini, para pekerja dan profesional juga memiliki opsi untuk bekerja sambil kuliah dengan mengikuti kuliah yang memiliki pas kuliah fleksibel.

Kuliah online atau kuliah jarak jauh menawarkan fleksibitlitas tersebut. Dengan sistem pembelajaran digital, selanjutnya mahasiswa UDL mampu terhubung materi pembelajaran dan studi di mana saja dan kapan saja.

Kamu jadi dimungkinkan untuk memiliki jadwal kuliah yang mampu disesuaikan dengan jadwalmu bekerja. Kamu pun tidak diwajibkan untuk berkunjung ke kampus.

Jadi, anda mampu menabung ongkos kuliah sekaligus mengurangi ongkos transportasi bahkan akomodasi apabila universitas yang menghendaki anda tuju berada di luar kota.

Salah satu universitas swasta paling baik di Indonesia yang memiliki kuliah online atau PJJ ini adalah Universitas Multimedia Nusantara. Program studi yang di tawarkan adalah Komunikasi Strategis (Strategic Communication).

Dalam jurusan kuliah Komunikasi Strategis – PJJ ini nantinya anda dapat banyak studi mengenai segala wujud komunikasi yang berhubungan dengan bisnis, brand, maupun perusahaan.

Mau sadar informasi lebih lengkap dari Komunikasi Strategis – unsura? Yuk, kunjungi Official Website unsur sebagai Perguruan tinggi swasta terbaik .

Alternatif 2: Mencari Jurusan Kuliah dengan Biaya Lebih Terjangkau

Tidak mampu ditampik, tersedia beberapa jurusan kuliah yang sebetulnya lebih mahal dibanding jurusan lainnya. Biaya-biaya ini kebanyakan meliputi ongkos praktikum, ongkos bahan-bahan di dalam membuat karya atau tugas, dan masih banyak lagi. Pastikan anda melacak informasi selengkapnya sebelum akan mendaftar. Dengan begitu, setidaknya anda mampu memperhitungkan dengan masak ongkos yang anda harus keluarkan selama 4 tahun ke depan untuk pendidikanmu.

Jika pilihan jurusan pertamamu ternyata di luar kemampuan finansialmu, anda tidak tersedia salahnya melacak jurusan kuliah yang mirip, namun lebih sedikit mengeluarkan biaya

Alternatif 3: Apply Kartu Indonesia Pintar Kuliah

Pemerintah Indonesia juga ternyata memiliki program pertolongan pembiayaan bagi para mahasiswa yang memiliki keterbatasan secara finansial. Program tersebut bernama Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah). KIP kuliah adalah kartu yang diberikan kepada lulusan SMA/sederajat sebagai penanda atau identitas untuk memperoleh Program Indonesia Pintar (PIP).

Beberapa beberapa syarat untuk mampu mendaftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah adalah sebagai berikut:

Siswa SMA/sederajat yang lulus terhadap tahun berlangsung atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya;

Memiliki potensi akademik baik namun memiliki keterbatasan ekonomi;

Lulus seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru terhadap program studi dengan Akreditasi A atau B.

Beberapa kelebihan yang mampu didapatkan oleh para penerima KIP Kuliah adalah memperoleh pembebasan ongkos pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi dan ongkos kuliah, serta memperoleh pertolongan ongkos hidup.

Alternatif 4: Cari Kampus yang Menyediakan Beasiswa Prestasi

Jika anda sudah berprestasi sejak di bangku sekolah, maka hal ini mampu jadi keliru satu peluangmu untuk berkuliah dengan murah. Caranya adalah dengan melacak universitas yang menyediakan jalan masuk dengan beasiswa prestasi.

Beberapa universitas swasta berakreditasi Unggul menyediakan jalan beasiswa ini, seperti Universitas Multimedia Nusantara. Jalur beasiswa prestasi ini meliputi Beasiswa Prestasi Akademik, Beasiswa Bidang Olahraga dan Kesenian, dan Jalur Beasiswa Olimpiade Sains. Melalui jalan ini, anda mampu memperoleh potongan duwit pangkal, loh.

Jadi, yuk semangat untuk berprestasi sejak duduk di SMA/SMK. Siapa sadar prestasi itu yang mampu meringankan beban ongkos kuliahmu.

Alternatif 5: Cari Perguruan Tinggi yang Menyediakan Beasiswa Potongan Biaya Kuliah

Selain beasiswa prestasi, ternyata masih tersedia kesempatan untukmu untuk mengenyam pendidikan memiliki kwalitas tanpa ongkos alias gratis. Kabar baiknya, UMN menyediakan kesempatan ini. Melalui jalan tes beasiswa, anda mampu berkesempatan untuk mendapat beasiswa berupa potongan ongkos kuliah jadi dari duwit pangkal sampai ongkos semester berdasarkan hasil tes.

Melalui Tes Beasiswa ini anda mampu berpeluang memperoleh beasiswa sebagai berikut:

Beasiswa duwit pangkal jadi dari 30-100% + SEMESTER 1 (Khusus Jurusan Arsitektur, DKV, Film dan D3 Perhotelan).

Beasiswa duwit pangkal jadi dari 30-100% + 8 SEMESTER (Khusus untuk jurusan Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer, Teknik Elektro, Teknik Fisika, Akuntansi, Manajemen, Strategic Communication dan Jurnalistik).

Kapan lagi, kan mampu kuliah gratis sampai lulus? Pastikan anda beri tambahan yang paling baik pas mengikuti tes beasiswa UMN ini, ya. Untuk pendaftaran tes beasiswa, klik link ini, ya.

Itulah 5 alternatif kuliah tidak mahal yang mampu anda coba. Semoga artikel ini mampu makin mengobarkan tekadmu untuk mampu kuliah walau tersedia rintangan biaya.

Terus mengikuti informasi terkini mengenai tips dan siasat kuliah, serta kehidupan universitas di Official Website UMN. Di situs ini, anda juga mampu melacak sadar informasi mengenai jurusan kuliah yang memiliki prospek cerah di era yang dapat berkunjung serta informasi mengenai beasiswa UMN.